Langsung ke konten utama

Tutorial: Membuat Blog Baru di Blogspot

Selamat malam para pengelana maya. kembali ane persembahkan tutorial seri blogging. Setelah di posting sebelumnya ane paparin proses bikin akun Google yang merupakan syarat wajib untuk mulai blogging di blogger.com aka blogspot. Kali ini ane mau sharing tutorial pembuatan blog baru hingga tahap pra edit tampilan dan posting. Posting ini merupakan lanjutan dari postingan Cara Membuat Akun Google. Jadi, sebelum mengikuti postingan ini, harap membaca posting tersebut dahulu.

1. Langkah pertama dalam pembuatan blog adalah dengan login dahulu menggunakan akun google yang tutorial pembuatannya udah dibahas di posting sebelumnya. Silakan buka blogger.com untuk memulai login.

2. Isi kotak isian "Email" dan "Sandi" dengan akun google kamu. Selanjutnya klik "Masuk".

3. Klik "Lanjutkan ke Blogger".

4. Klik "Blog Baru".

5. Isi "Judul" sesuai dengan selera anda.

6. "Alamat" merupakan isian URL yang akan menjadi alamat pencarian blog kamu di browser. Pastikan isian "Alamat" yang anda inginkan berlabel "Alamat blog ini tersedia" di keterangan.

7. Pilih template sesuai selera dan kebutuhan. template yang bisa dipilih merupakan template-template bawaan blogspot. Kedepan akan dibuatkan tutorial pemasangan template yang disediakan situs pihhak ketiga.

8. Klik "Buat Blog!"

9. Klik nama blog yang udah kamu buat tadi.

Sampai sini kamu resmi punya blog sendiri. Horeee..!!!

Tampilan yang muncul selanjutnya merupakan halaman admin. Halaman ini merupakan dapur tempat oprek blog yang kamu buat barusan. Di halaman ini kamu bisa mulai coba-coba bikin/ tambah posting dan halaman, moderasi komentar yang masuk, edit tata letak dan tampilan, edit template, lihat statistik blog, dan set pengaturan umum lainnya. Insyaalah, semuanya akan dibahas secara berkala di blog ini. So, tetep pantengin biar ga kelewat tutorial selanjutnya. Terima kasih udah menyimak sejauh ini. Sampai jumpa di posting selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jeplak: Bismillah, Mulai Nulis Lagih..

Mengenang masa lalu selalu berujung senyum sendiri. Ya. SENDIRI. Malam ini benar-benar sendiri seperti malam-malam sendiri sebelumnya. (Musik sedih tiba-tiba terdengar). Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi sesaat sebelum tulisan "Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi" dituliskan. Ruang kantor memang sepi tapi tak terasa sepi hingga ditulisnya "Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi". Jam segini memang sepi. Hanya orang kurang kerjaan yang masih duduk di sini. Aku salah satunya. Malam ini benar-benar kurang kerjaan. Biasanya memang tak pernah ada kerjaan. Tapi malam ini kekurangkerjaan itu lebih terasa kekurangkerjaannya. Film bajakan di situs tongkrongan tak ada yang menarik jari untuk diklik donlot. Chat di Whatsapp tak ada yang menarik. Tak ada yang ingatkan makan. Lagipula percuma. Aku sudah makan. Ku tengok Facebook, masih begitu saja. Isinya tulisan orang asing yang kuakui teman. Halaman profil iseng kubuka. Dan nostalgia pada tulisan dan gambar lama sedikit memberi seri

Porto Folio: Desain Kaos 2015

Seperti awal tahun sebelumnya, di awal tahun 2016 ini ane mau ngarsipin desain-desain kaos yang ane produksi selama 2015. Baca juga Porto Folio: Desain Kaos 2014 . Berikut kaos-kaos yang ane produksi: 1. Kaos Apel Hedjo (Komunitas Anak) 2. Kaos Gebur 2 (Komunitas)   3. Kaos Oetoen Mart (Toko) 4. Kaos Fullday Pathfinders (Pramuka) 5. Kaos Paksi Janadri (Organisasi)

Tutorial Photoshop: Efek Tulisan di Kaca

Berikut ini merupakan video tutorial photoshop untuk membuat efek tulisan pada kaca berembun. Kunci dari tutorial ini adalah dari jenis font/ huruf yang digunakan. Usahakan menggunakan font jenis handwritting/ tulisan tangan. Sebagai bonus ane kasih gambar yang dipakai dalam tutorial di video tadi.