Langsung ke konten utama

Serial: Republik Asasia (01)

Bagian 1: Pintu Gerbang

Selimut tebal masih menutupi sekujur tubuh yang terlentang di kasur empuk di sebuah kamar. Tubuh tersebut tampak hanya diam tak bergeming, padahal kedua mata sosok di balik selimut itu tak terpejam. Sudah 2 jam ia membuka mata. Kasur empuk rupanya tak mampu mengalahkan rasa penasarannya atas apa yang telah dialaminya sejak kurang dari 20 jam yang lalu.

"Sepertinya tidurmu gak nyenyak ya?" sebuah suara tiba-tiba muncul dari balik pintu. Sosok di balik selimut tetap diam. Dia kenal suara itu, suara seorang perempuan yang umurnya lebih tua beberapa tahun dari dia. Perempuan yang baru dikenalnya belasan jam lalu. Perempuan pemilik rumah yang kasur dan selimutnya sedang dia gunakan.

"Kalo gak ngantuk, makan aja." Kembali si perempuan angkat bicara. Sosok di balik selimut bangkit dari tempat tidur. Selimut ia lilitkan ke seluruh tubuh. Hawa dingin pukul 4 pagi tak dapat dia tahan.

***

Matahari sudah setengah jalan menuju puncaknya. Sosok berselimut tadi kini tampak lain dengan setelan kaos tangan panjang warna hijau dan celana panjang hitam. Namun wajahnya sama seperti pagi tadi, menampakan kebingungan atas yang dialaminya.

"Sham!" Suara perempuan memanggil sosok tadi yang ternyata bernama Sham. "Oh. Ada apa Mbak Deff?" Tanya Sham tersadar dari lamunannya. "Cobalah keliling tempat ini, siapa tau mumetnya ilang." Saran Deffia dihiasi senyum manisnya. Sham cuma mengangguk lemas. Di pikirannya masih berputar-putar peristiwa-peristiwa aneh yang dialaminya sejak kemarin.

Rumah Deffia terletak di perbatasan. Gerbang utama hanya berjarak 10 meter dari rumahnya. Perempuan itu tinggal sendiri. Ia tak pernah jauh dari rumahnya, rupanya ia petugas penjaga gerbang. Pekerjaan sehari-harinya hanya berkebun. Berkebun ubi. Setidaknya itu yang diketahui Sham ketika mereka mengobrol saat makan pagi tadi.

Sambil berjalan ke arah gerbang, Sham hanya mengingat-ingat kejadian di hari sebelumnya. Tugas sekolah, listrik, lubang hitam, hutan, serigala putih, dan bayangan-bayangan aneh terus saja berputar-putar di kepalanya. Tak terasa gerbang telah di depan mata. Ia kembali membaca tulisan yang tertulis jelas di bagian atas gerbang yang sebagian besarnya terbuat dari logam. Tulisan itu jelas merupakan nama tempat ini. Nama tempat yang belum pernah ia dengar atau baca sebelumnya. Ia kembali mengingat-ingat, membayangkan buku atlas yang pernah di lihatnya. Membayangkan siaran TV Discovery Channel yang biasa ia tonton dari TV kabel di rumahnya. Tapi sayang, tak ada satupun yang diingatnya punya sangkut paut dengan "Republik Asasia".

(Bersambung...)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jeplak: Bismillah, Mulai Nulis Lagih..

Mengenang masa lalu selalu berujung senyum sendiri. Ya. SENDIRI. Malam ini benar-benar sendiri seperti malam-malam sendiri sebelumnya. (Musik sedih tiba-tiba terdengar). Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi sesaat sebelum tulisan "Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi" dituliskan. Ruang kantor memang sepi tapi tak terasa sepi hingga ditulisnya "Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi". Jam segini memang sepi. Hanya orang kurang kerjaan yang masih duduk di sini. Aku salah satunya. Malam ini benar-benar kurang kerjaan. Biasanya memang tak pernah ada kerjaan. Tapi malam ini kekurangkerjaan itu lebih terasa kekurangkerjaannya. Film bajakan di situs tongkrongan tak ada yang menarik jari untuk diklik donlot. Chat di Whatsapp tak ada yang menarik. Tak ada yang ingatkan makan. Lagipula percuma. Aku sudah makan. Ku tengok Facebook, masih begitu saja. Isinya tulisan orang asing yang kuakui teman. Halaman profil iseng kubuka. Dan nostalgia pada tulisan dan gambar lama sedikit memberi seri

Porto Folio: Desain Kaos 2015

Seperti awal tahun sebelumnya, di awal tahun 2016 ini ane mau ngarsipin desain-desain kaos yang ane produksi selama 2015. Baca juga Porto Folio: Desain Kaos 2014 . Berikut kaos-kaos yang ane produksi: 1. Kaos Apel Hedjo (Komunitas Anak) 2. Kaos Gebur 2 (Komunitas)   3. Kaos Oetoen Mart (Toko) 4. Kaos Fullday Pathfinders (Pramuka) 5. Kaos Paksi Janadri (Organisasi)

Tutorial Photoshop: Efek Tulisan di Kaca

Berikut ini merupakan video tutorial photoshop untuk membuat efek tulisan pada kaca berembun. Kunci dari tutorial ini adalah dari jenis font/ huruf yang digunakan. Usahakan menggunakan font jenis handwritting/ tulisan tangan. Sebagai bonus ane kasih gambar yang dipakai dalam tutorial di video tadi.