Langsung ke konten utama

Serial: Republik Asasia (08)

Bagian 8: Rahasia Koren

Hutan Koren merupakan kawasan angker yang memisahkan Asasia bagian barat dari negeri lainnya. Penduduk Asasia dilarang keras menjamah hutan tersebut. Alasan utamanya tentu saja karena historika hutan itu yang benar-benar menyimpan sejarah kelam negeri itu. Berbagai perang perebutan wilayah terjadi di sana. Namun semua itu hanya kamuflase dari para penguasa. Rakyat Asasia sebenarnya samar-samar tahu kalau hutan itu tempat menyimpan berbagai benda rahasia penguasa. Tapi tetap saja tak ada yang berani masuk. Hutan itu kini dijaga Tsaluts api yang ahli ilusi. Sekali mencoba masuk, tak ada istilah keluar lagi. Akar-akar pepohonan penghuni Koren benar-benar membentuk labirin tak berujung.

Voda Abdal masih mematung. Diam seperti mayat bukan hal sulit baginya. Teknik ini dia dapat dari Tsaluts air. Gurunya sendiri. Pelariannya dari Orbic hari ini tak membuat gempar Asasia. Pihak keamanan Asasia benar-benar pandai menyembunyikan masalah tersebut.

Voda mulai bergerak. Selama belasan jam dia berendam di kubangan lumpur yang ada di Koren. Bersembunyi di sana bukan tanpa alasan. Bau lumpur dia gunakan sebagai kamuflase atas bau tubuhnya agar tak tercium Tsaluts udara yang menjelma menjadi serigala putih. Diam seperti mayat agar tak terdeteksi Tsaluts api yang peka terhadap pergerakan. Voda kini mencoba keluar dari kubangan. Dia tahu jika Tsaluts api tak ada di Koren.

Voda kini telah berdiri tegak di tanah yang lebih keras. Dia mulai menatap sekeliling seakan sedang menghitung. Tak lama senyumnya pun mengembang. Tampaknya dia telah mendapat yang dicarinya. “Di sana. Pasti.” Voda membatin. Langkahnya pasti saat mendekati sebuah pohon dekat kubangan.

Pohon di hadapan Voda luar biasa besar. Akarnya menyeruak tak tentu arah. Jika diperhatikan seksama rupanya ada sebuah batu raksasa di antara lilitan akar. Voda mendekati batu dan mencoba meraba-rabanya. Senyum Voda kembali menyeruak. Tangannya menemukan sebuah lubang.

Tanpa menduga adanya bahaya dari lubang. Voda memasukan tangannya sedalam mungkin. Mencoba meraih sesuatu yang dia sendiri pun belum tahu. Akhirnya pencariannya membuahkan hasil. Di dalam lubang ada sejenis lilitan tali. Voda mencoba menariknya keluar. Lilitan tali berhasil ditarik dari lubang beberapa senti diikuti suara “krek!”. Selang beberapa detik menunggu, tak ada kejadian lain. Voda Cuma bisa menggeleng.

Di tengah keheranan Voda mendengar suara aneh dari arah kubangan lumpur. Tak ada siapapun di sekitar kubangan. Voda bersiap melompat kembali ke dasar kubangan namun tak jadi. Suara aneh rupanya berasal dari tengah kubangan yang kini membentuk pusaran. Lumpurnya tersedot ke dasar.

Senyum Voda lagi-lagi tersungging. Pencariannya kini membuahkan hasil. Di dasar kubangan yang kini telah kosong dari lumpur menyisakan sebuah kotak memanjang berbentuk peti mati seukuran orang dewasa.

Voda melompat ke dasar kubangan menuju peti. Tangannya kembali meraba mencari slot pembuka. Beberapa menit mencari rupanya tak membuahkan hasil. Tak mau menyerah, Voda kembali meneliti setiap mili bagian peti. Hasilnya sama saja. Nihil.

Voda tetap tak mau menyerah. Tsaluts air benar-benar melatihnya untuk bertahan hingga batas tak terbatas. Pencarian berikutnya rupanya memberikan hasil. Di bagian samping peti tampak lubang kecil memanjang. Untuk ke sekian kalinya senyum Voda kembali muncul. Lubang itu mengingatkannya pada suatu benda. Benda milik Tsaluts air. Dia tahu ke mana harus mencari benda itu. “Benda itu ada di dua orang bodoh...”

(Bersambung...)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jeplak: Bismillah, Mulai Nulis Lagih..

Mengenang masa lalu selalu berujung senyum sendiri. Ya. SENDIRI. Malam ini benar-benar sendiri seperti malam-malam sendiri sebelumnya. (Musik sedih tiba-tiba terdengar). Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi sesaat sebelum tulisan "Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi" dituliskan. Ruang kantor memang sepi tapi tak terasa sepi hingga ditulisnya "Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi". Jam segini memang sepi. Hanya orang kurang kerjaan yang masih duduk di sini. Aku salah satunya. Malam ini benar-benar kurang kerjaan. Biasanya memang tak pernah ada kerjaan. Tapi malam ini kekurangkerjaan itu lebih terasa kekurangkerjaannya. Film bajakan di situs tongkrongan tak ada yang menarik jari untuk diklik donlot. Chat di Whatsapp tak ada yang menarik. Tak ada yang ingatkan makan. Lagipula percuma. Aku sudah makan. Ku tengok Facebook, masih begitu saja. Isinya tulisan orang asing yang kuakui teman. Halaman profil iseng kubuka. Dan nostalgia pada tulisan dan gambar lama sedikit memberi seri

Porto Folio: Desain Kaos 2015

Seperti awal tahun sebelumnya, di awal tahun 2016 ini ane mau ngarsipin desain-desain kaos yang ane produksi selama 2015. Baca juga Porto Folio: Desain Kaos 2014 . Berikut kaos-kaos yang ane produksi: 1. Kaos Apel Hedjo (Komunitas Anak) 2. Kaos Gebur 2 (Komunitas)   3. Kaos Oetoen Mart (Toko) 4. Kaos Fullday Pathfinders (Pramuka) 5. Kaos Paksi Janadri (Organisasi)

Tutorial Photoshop: Efek Tulisan di Kaca

Berikut ini merupakan video tutorial photoshop untuk membuat efek tulisan pada kaca berembun. Kunci dari tutorial ini adalah dari jenis font/ huruf yang digunakan. Usahakan menggunakan font jenis handwritting/ tulisan tangan. Sebagai bonus ane kasih gambar yang dipakai dalam tutorial di video tadi.