Langsung ke konten utama

Tutorial Photoshop: Membuat Animasi Sederhana

Animasi atau gambar bergerak yaitu gambar begerak berbentuk dari beberapa objek gambar yang anda susun secara teratur mengikuti gerakan yang sudah ditentukan pada setiap tambahan perhitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa objek manusia, gambar hewan, maupun teks. Pada proses pembuatannya sang pembuat animasi atau biasa disebut dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan jalur gerak suatu gambar dari posisi awal hingga posisi akhir gambar tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan jalur gerak didasarkan logika yang cermat akan membuahkan animasi yang baiks untuk disajikan.

Banyak kita jumpai aplikasi online gratis yang menyediakan untuk pembuatan animasi atau gambar bergerak. Kali ini saya akan membahas belajar photoshop membuat animas atau membuat gambar bergerak pada program adobe photoshop. Biasanya gambar animasi ini sering dipergunakan oleh advertiser untuk pembuatan banner iklan pada website. Sekarang kita mulai saja belajar photoshop membuat animasi sederhana Dengan Photoshop.

Belajar Photoshop Untuk Pemula Belajar Photoshop Untuk Pemula, Membuat Animasi Sederhana

Buat lembar kerja dengan ukuran bebas sesuka anda, kali ini saya contohkan dengan ukuran 500 pixel x 500 pixel, Sekedar informasi kalau anda ingin membuat untuk profil di bbm, filenya tidak boleh lebih dari 32kb dan biasanya dengan bentuk persegi.
Lembar Kerja Belajar Photoshop Untuk Pemula, Membuat Animasi Sederhana 
Selanjutnya kita buka objek bola, gambar bola ini sudah saya hapus background-nya. Kemudian anda drag ke lembar kerja.
16 Belajar Photoshop Untuk Pemula, Membuat Animasi Sederhana

Kemudian anda tampilkan menu Animasinya dengan cara pilih menu Window – Animation, secara otomatis akan muncul kotak dialog animasinya dibagian bawah
23 Belajar Photoshop Untuk Pemula, Membuat Animasi Sederhana

Sekarang anda aktif di layer bola, dan atur titik awal dari pembuatan animasinya.
32 Belajar Photoshop Untuk Pemula, Membuat Animasi Sederhana 
Kemudian untuk penempatan posisi kedua dari pembuatan animasinya :
  1. Klik Duplicated Selected Frame
  2. Atur posisi bola tersebut dibagian bawah lembar kerja
42 Belajar Photoshop Untuk Pemula, Membuat Animasi Sederhana

Lalu kita buat tween dengan cara
  1. Blok keduanya dan Klik Tweens Animation Frame
  2. Akan muncul kotak dialog Tween, Isi angka 10 pada Frames to Add
  3. Hasilnya akan terlihat seperti gambar no.3 dibawah ini.

52 Belajar Photoshop Untuk Pemula, Membuat Animasi Sederhana
Belajar Photoshop Untuk Pemula
Langkah selanjutnya mengatur penempatan posisi terahir
  1. Klik Duplicated Selected Frame, tempatkan posisi aktif di layer terakhir pada kotak dialog animasi.
  2. Atur posisi bola tersebut dibagian luar saping kanan lembar kerja.
61 Belajar Photoshop Untuk Pemula, Membuat Animasi Sederhana
Lalu kita buat tween dengan cara
  1. Blok layer nomor 12 dan 13 lalu Klik Tweens Animation Frame
  2. Akan muncul kotak dialog Tween, Isi angka 10 pada Frames to Add
81 Belajar Photoshop Untuk Pemula, Membuat Animasi Sederhana
Sekarang tinggal anda klik tombol play dan lihat hasilnya. Untuk menyimpannya anda klik menu File – Save For Web & Device dan jangan lupa pilih pada presetnya dengan pilihan Gif.
Animasi Bola Sederhana Belajar Photoshop Untuk Pemula, Membuat Animasi Sederhana

Sekarang Anda sudah bisa membuat Animasi Sehderhana di photoshop ini. Tinggal anda kreasikan lagi supaya hasilnya lebih menarik.

Sumber: http://kuliahdesain.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jeplak: Bismillah, Mulai Nulis Lagih..

Mengenang masa lalu selalu berujung senyum sendiri. Ya. SENDIRI. Malam ini benar-benar sendiri seperti malam-malam sendiri sebelumnya. (Musik sedih tiba-tiba terdengar). Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi sesaat sebelum tulisan "Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi" dituliskan. Ruang kantor memang sepi tapi tak terasa sepi hingga ditulisnya "Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi". Jam segini memang sepi. Hanya orang kurang kerjaan yang masih duduk di sini. Aku salah satunya. Malam ini benar-benar kurang kerjaan. Biasanya memang tak pernah ada kerjaan. Tapi malam ini kekurangkerjaan itu lebih terasa kekurangkerjaannya. Film bajakan di situs tongkrongan tak ada yang menarik jari untuk diklik donlot. Chat di Whatsapp tak ada yang menarik. Tak ada yang ingatkan makan. Lagipula percuma. Aku sudah makan. Ku tengok Facebook, masih begitu saja. Isinya tulisan orang asing yang kuakui teman. Halaman profil iseng kubuka. Dan nostalgia pada tulisan dan gambar lama sedikit memberi seri

Porto Folio: Desain Kaos 2015

Seperti awal tahun sebelumnya, di awal tahun 2016 ini ane mau ngarsipin desain-desain kaos yang ane produksi selama 2015. Baca juga Porto Folio: Desain Kaos 2014 . Berikut kaos-kaos yang ane produksi: 1. Kaos Apel Hedjo (Komunitas Anak) 2. Kaos Gebur 2 (Komunitas)   3. Kaos Oetoen Mart (Toko) 4. Kaos Fullday Pathfinders (Pramuka) 5. Kaos Paksi Janadri (Organisasi)

Tutorial Photoshop: Efek Tulisan di Kaca

Berikut ini merupakan video tutorial photoshop untuk membuat efek tulisan pada kaca berembun. Kunci dari tutorial ini adalah dari jenis font/ huruf yang digunakan. Usahakan menggunakan font jenis handwritting/ tulisan tangan. Sebagai bonus ane kasih gambar yang dipakai dalam tutorial di video tadi.