Langsung ke konten utama

Tutorial Photoshop: Menghilangkan Background Foto

Pemisahan objek dari background dalam photoshop saat ini pupuler dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan editing foto. Baik itu membuat background warna baru maupun untuk sekedar menempatkan objek pada background dengan sebuah gambar lainnya.. Memisahkan objek dari background agaknya menjadi pembelajaran dasar dalam photoshop. Kali ini saya akan memberikan tutorial cara menghapus background di photoshop.

Memanfaatkan berbagai tool-tool yang ada pada toolbox, dimungkinkan pengguna dapat lebih cepat dan leluasa melakukan proses editing ini. Sekilas mungkin terdengar mudah, namun percayalah bahwa anda harus hati-hati melakukan seleksi karena bias dimungkinkan aka nada kesalahan fatal. Kesalahan yang paling sering adalah terlalu berlebihan dalam seleksi maupun ada bagian objek yang tidak ikut terseleksi. Dalam tutorial kali ini anda tidak akan menemukan proses yang rumit, cukup dengan menggunaka tool dan lakukan seleksi pada objek lalu delet backgroundnya.

Kali ini saya akan menggunakan Pen Tool untuk proses seleksinya. Proses menggunakan Pen Tool memang agak lebih lama, namun hasilnya akan lebih maksimal selama anda menggunakan dengan tepat.
Hasil Akhir :
Cara Hapus Background 4 Cara Menghilangkan Background Foto

Sebagai contoh saya menggunakan foto teman saya
kuliah desain1 Cara Menghilangkan Background Foto

Langkah 1
Aktifkan Pen Tool (P)
pen tool Cara Menghilangkan Background Foto

Langkah 2
Kemudian, klik satu kali pada sisi objek yang akan diseleksi sebagai langkah awal untuk menyeleksi. Selanjutnya sempurnakan proses menyeleksi dengan cara meng-klik disekeliling/sisi objek yang akan diseleksi hingga kembali lagi ke titik awal. Jika muncul lingkaran kecil pada Pen Tool berarti sudah kembali ke titik awal ketika anda mulai menyeleksi. (Catatan: Istilah seleksi hanya untuk memudahkan penjelasan saja. Pada tahap ini sebenarnya kita sedang membuat path/garis lintasan untuk membuat seleksi ikuti langkah selanjutnya).
Cara Hapus Background 1 Cara Menghilangkan Background Foto
Langkah 3
Selanjutnya untuk membuat seleksi caranya klik kanan –> pilih Make Selection… –> akan muncul kotak dialog klik OK saja.
Cara Hapus Background 2 Cara Menghilangkan Background Foto

Langkah 4
Jika sudah, maka akan muncul garis putus-putus yang menandakan objek telah terseleksi.
Cara Hapus Background 5 Cara Menghilangkan Background Foto

Langkah 5
Selanjutnya kita lakukan Inverse dengan cara Select – Inverse (Shift+Ctrl+i)
Cara Hapus Background 3 Cara Menghilangkan Background Foto

Langkah 6
Kita tekan tombol Delete, dan backgroundpun akan hilang seperti gambar di bawah ini
 
Sumber: http://kuliahdesain.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jeplak: Bismillah, Mulai Nulis Lagih..

Mengenang masa lalu selalu berujung senyum sendiri. Ya. SENDIRI. Malam ini benar-benar sendiri seperti malam-malam sendiri sebelumnya. (Musik sedih tiba-tiba terdengar). Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi sesaat sebelum tulisan "Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi" dituliskan. Ruang kantor memang sepi tapi tak terasa sepi hingga ditulisnya "Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi". Jam segini memang sepi. Hanya orang kurang kerjaan yang masih duduk di sini. Aku salah satunya. Malam ini benar-benar kurang kerjaan. Biasanya memang tak pernah ada kerjaan. Tapi malam ini kekurangkerjaan itu lebih terasa kekurangkerjaannya. Film bajakan di situs tongkrongan tak ada yang menarik jari untuk diklik donlot. Chat di Whatsapp tak ada yang menarik. Tak ada yang ingatkan makan. Lagipula percuma. Aku sudah makan. Ku tengok Facebook, masih begitu saja. Isinya tulisan orang asing yang kuakui teman. Halaman profil iseng kubuka. Dan nostalgia pada tulisan dan gambar lama sedikit memberi seri

Porto Folio: Desain Kaos 2015

Seperti awal tahun sebelumnya, di awal tahun 2016 ini ane mau ngarsipin desain-desain kaos yang ane produksi selama 2015. Baca juga Porto Folio: Desain Kaos 2014 . Berikut kaos-kaos yang ane produksi: 1. Kaos Apel Hedjo (Komunitas Anak) 2. Kaos Gebur 2 (Komunitas)   3. Kaos Oetoen Mart (Toko) 4. Kaos Fullday Pathfinders (Pramuka) 5. Kaos Paksi Janadri (Organisasi)

Tutorial Photoshop: Efek Tulisan di Kaca

Berikut ini merupakan video tutorial photoshop untuk membuat efek tulisan pada kaca berembun. Kunci dari tutorial ini adalah dari jenis font/ huruf yang digunakan. Usahakan menggunakan font jenis handwritting/ tulisan tangan. Sebagai bonus ane kasih gambar yang dipakai dalam tutorial di video tadi.