Langsung ke konten utama

Kisah: Paksi Janadri di Perut Bumi (Bag. 01)

Purwakarta, 14 Februari 2014
Kisah pengembaraan ini dimulai di pagi jumat yang cerah, ceria dan semoga berkah. Jam menampilkan 07.15 saat kami berkumpul di rumah Kang Yudi “Dobol” Rahmadi di bilangan Bojong 045/005 Purwakarta. Tim yang tergabung sejumlah 5 orang yang terdiri dari: Ahmad “Peppy” Munawar, Dede “Cokor” Prayitno, Fauzi “Bolong” Muslim (Anggota Muda), Kang Dobol (Pendamping), dan Endris (Guest).

Cek point pertama kami adalah Situ Buleud, Purwakarta. Disana kami melakukan apel pembuka sekaligus pelepasan peserta pengembaraan yang dipimpin langsung oleh Ketua Suku Paksi Janadri, Kang Asep ”Lecet” Sopandi. Hadir pula dalam apel tersebut Kang Joko “Kutil” Riswanto dari Angkatan IV.

09.30 WIB pengembaraan dimulai dengan menumpang bus jurusan Bekasi-Bandung. Target cek point kami selanjutnya adalah Sekretariat Jana Buana yang terletak di daerah Cimahi.

10.15 WIB kami turun dari bus di bilangan Cimareme. Perjalanan menuju Sekretariat JB dilanjutkan dengan angkot hingga depan Mall Cimahi yang dilanjutkan dengan jalan kaki hingga lokasi yang memakan waktu sekitar 45 menit.

Cimahi, 14 Februari 2014
Sambutan berupa teh panas dari tuan rumah mengawali kunjungan kami di base camp Jana Buana. Keakraban sesama pecinta alam menjadikan kami tidak canggung walau dari organisasi berbeda. Begitu pula Kang Agen selaku mentor pengembaran. Sebagaimana yang telah dijanjikan sebelumnya. Ikut menyambut kami dengan candaan khasnya.

Setelah melepas lelah, materi pertamapun dimulai hingga menjelang sholat jumat dengan narasumber tentu saja Kang Agen. Beliau membuka materi tentang hal yang berhubungan dengan gua secara umum.

12.45 WIB, salam sholat jumat pun terucap tanda sholat jumat telah usai. Tanpa buang waktu kami segera berkemas untuk selanjutnya menuju lokasi penelusuran. Tim penelusur kini bertambah satu orang. Kang Aam “Ngawir Sigi” Maulana dari JB didapuk oleh Kang Agen sebagai mentor tambahan. Sedang Kang Agen sendiri menjanjikan akan menyusul.

Yang menarik ketika hendak meninggalkan Sekretariat Jana Buana, kami dikejutkan dengan butiran debu yang terasa lebih intens dari debu jalanan. Setelah beberapa saat kami baru sadar bahwa debu tersebut merupakan abu vulkanik Gunung Kelud yang pada hari kemarinnya diberitakan meletus.

(bersambung)
Sumber: Laporan Pengembaraan Paksi Janadri Angkatan X, Duta Paksi Janadri di Perut Bumi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jeplak: Bismillah, Mulai Nulis Lagih..

Mengenang masa lalu selalu berujung senyum sendiri. Ya. SENDIRI. Malam ini benar-benar sendiri seperti malam-malam sendiri sebelumnya. (Musik sedih tiba-tiba terdengar). Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi sesaat sebelum tulisan "Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi" dituliskan. Ruang kantor memang sepi tapi tak terasa sepi hingga ditulisnya "Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi". Jam segini memang sepi. Hanya orang kurang kerjaan yang masih duduk di sini. Aku salah satunya. Malam ini benar-benar kurang kerjaan. Biasanya memang tak pernah ada kerjaan. Tapi malam ini kekurangkerjaan itu lebih terasa kekurangkerjaannya. Film bajakan di situs tongkrongan tak ada yang menarik jari untuk diklik donlot. Chat di Whatsapp tak ada yang menarik. Tak ada yang ingatkan makan. Lagipula percuma. Aku sudah makan. Ku tengok Facebook, masih begitu saja. Isinya tulisan orang asing yang kuakui teman. Halaman profil iseng kubuka. Dan nostalgia pada tulisan dan gambar lama sedikit memberi seri

Porto Folio: Desain Kaos 2015

Seperti awal tahun sebelumnya, di awal tahun 2016 ini ane mau ngarsipin desain-desain kaos yang ane produksi selama 2015. Baca juga Porto Folio: Desain Kaos 2014 . Berikut kaos-kaos yang ane produksi: 1. Kaos Apel Hedjo (Komunitas Anak) 2. Kaos Gebur 2 (Komunitas)   3. Kaos Oetoen Mart (Toko) 4. Kaos Fullday Pathfinders (Pramuka) 5. Kaos Paksi Janadri (Organisasi)

Tutorial Photoshop: Efek Tulisan di Kaca

Berikut ini merupakan video tutorial photoshop untuk membuat efek tulisan pada kaca berembun. Kunci dari tutorial ini adalah dari jenis font/ huruf yang digunakan. Usahakan menggunakan font jenis handwritting/ tulisan tangan. Sebagai bonus ane kasih gambar yang dipakai dalam tutorial di video tadi.