Langsung ke konten utama

Materi TIK Kelas 9 Semester 2 (2)

Bab 7 Fasilitas Internet

A.    Manfaat Layanan Internet
      1. Browsing/ Surfing
Adalah sebuah layanan pada internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs/website guna mencari suatu informasi.
Program yang digunakan untuk browsing/ surfing adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator.
Untuk melakukan browsing harus mengetik alamat website pada address. Misalnya  :  www.detik.com, www.facebook.com, www.twitter.com, dan www.smpalmuhajirin.com.
      2. E-mail (Electronic Mail)
Adalah sebuah layanan untuk pengiriman surat elektronik. Untuk mengirim e-mail kita harus mempunyai e-mail (mailbox). Untuk membuat mailbox melalui website tertentu yang menyediakan layanan tersebut. yahoo.com, plasa.com, telkom.net, doramail.com, dll.
      3. Mailing List
Mailing list sering disebut dengan milis, yaitu layanan internet sebagai pengembangan dari e-mail yang difungsikan untuk berdiskusi. Melalui milis kita dapat menyampaikan pengumuman seperti lomba, olimpiade math, science, artikel menarik, dll.
Setiap e-mail yang dikirim akan disampaikan kepada seluruh anggota sehingga mendapatkan informasi.
Untuk mendapatkan layanan milis kita dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh http://www.yahoogroups.com.
      4. Inter Relay Chat (Chatting)
Adalah fasilitas yang digunakan untuk melakukan perbincangan atau bercakap-cakap melalui internet menggunakan teks atau sering disebut dengan chatting.
      5. Newsgroup
Adalah aplikasi internet yang berfungsi untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain guna membahas suatu topik dalam sebuah forum. Group-group akan menjadi sarana pertemuan jarak jauh secara elektronik. Contoh  :  diskusi tentang indonesia alt.internet; tentang serial tv: alt.tv.x-file, alt.tv.xena, tentang hobi : alt.filateli.rec.collection.stamps.
      6. FTP (File Transfer Protocol)
Adalah fasilitas untuk mengirim suatu file yang disertakan melalui e-mail. File yang dikirim dapat berupa file naskah (Word), gambar, animasi, musik dan lain-lain.
      7. Teleconference
Adalah fasilitas internet yang juga digunakan untuk berbincang-bincang dengan cara yang kompleks yaitu mulai dari suara hingga gambar, sehingga seolah-olah kita dapat langsung berhadapan dengan lawan  bicara. Fasilitas ini merupakan pengembangan dari chatting. Komputer yang digunakan untuk teleconference harus dilengkapi dengan web camera, sound card, tv tuner, VoIP.
Fasilitas ini sangat cocok untuk melakukan rapat atau pertemuan jarak jauh karena bisa saling memandang dan mendengar secara langsung.
      8. Internet Telephony
Yaitu fasilitas untuk berkomunikasi dengan suara melalui internet menggunakan pesawat telepon. Pulsa yang dibayar sama dengan pulsa internet walaupun dilakukan secara SLJJ dan SLI. Software yang digunakan untuk telephony adalah Net2phone, buddytalk, media ring talk, dll.
      9. Internet Fax
Internet juga dapat digunakan untuk mengirim faximili yang secara umum dilakukan melalui mesin faxsimili. Biaya yang dibebankan adalah biaya lokal atau sama dengan internet. Fasilitas ini sangat mempermudah para sekretaris perusahaan untuk mengirim faksimili dalam jumlah yang banyak.

B.     Layanan Surat Elektronik Internet
      1. Alamat E-mail
Untuk berkomunikasi dengan  e-mail kita harus memiliki alamat e-mail terlebih dahulu. Beberapa situs penyedia layanan e-mail seperti Yahoo.com, Plaza.com, Gmail.com, dsb. Di bawah ini adalah contoh cara pembuatan e-mail dengan Yahoo  :
  1. Buka program browser
  2. Ketik www.yahoo.com
Setelah halaman Yahoo ditampilkan klik Buat Account.
  1. Maka akan ditampilkan halaman formulir pendaftaran. Ketik biodata seperti nama, jenis kelamin, tanggal lahir dan tempat tinggal.

  1. Pada kotak ID Yahoo dan e-mail, isi dengan nama e-mail yang kamu kehendaki. Pada pilihan subdomain ada beberapa pilihan seperti yahoo.com, yahoo.co.id, ymail.com dan rocketmail.com.
  2. Selanjutnya mengisi pertanyaan keamanan. Pertanyaan ini akan ditanyakan ketika kalian lupa password atau akan mengganti password, hal ini dimaksudkan bahwa ini benar-benar kalian. Selanjutnya mengisi kode yang ditampilkan pada kotak.
  3. Jika kode yang kalian isi benar maka akan ditampilkan halaman seperti di bawah ini. Klik lanjutkan untuk masuk ke e-mail kalian.
  4. Setelah klik lanjutkan maka akan ditampilkan halaman yahoo kembali. Perhatikan bagian kiri halaman pada tab Mail. Pada tab Mail terdapat angka(1) ini berarti kalian mendapatkan 1 e-mail. Untuk melihatnya klik pada Buka Quick View.
  5. Klik pada E-mail masuk (1).
  6. Untuk membaca e-mail lebih rinci, klik pada teks berwarna biru pada kolom judul.
  7. E-mail akan ditampilkan secara keseluruhan.
  8. Setelah selesai menggunakan, sebelum menutup tampilan yahoo, pastikan kalian telah keluar dari yahoo dengan cara klik Sign Out.
      2. Masuk Account E-mail
Sebelum berkomunikasi dengan e-mail, terlebih dahulu masuk ke alamat e-mail kalian dulu. Untuk masuk ke alamat e-mail caranya  :
  1. Buka situs yahoo.com
  2. Klik Sign In
  3. Masukkan alamat dan password e-mail
  4. Setelah yahoo mengenali alamat dan password kalian maka yahoo akan menampilkan halaman yahoo. Di atas terdapat tulisan Hi, ……ini menandakan kalian telah masuk alamat e-mail kalian.
      3. Melampirkan Surat/Attactment
Setelah kalian masuk alamat e-mail, kalian dapat berkirim pesan melalui e-mail. Untuk memulai berkirim pesan  caranya  :
  1. Klik tab Mail
  2. Klik tab Tulis
  3. Tuliskan alamat e-mail yang dituju pada kotak Kepada dan Perihal pesan kalian pada kotak Judul. Misalkan kita akan mengirimkan tugas kepada guru melalui e-mail maka ketik alamat e-mail guru pada kotak Kepada dan Perihal pesan yaitu Tugas TIK pada kotak judul.
  4. Klik lampirkan file untuk melampirkan tugas yang telah kalian ketik pada pengolah kata atau lainnya.
  5. Klik Browser untuk mencari letak dokumen yang akan kalian lampirkan.
  6. Tentukan lokasi dan dokumen yang akan kalian lampirkan kemudian klik open.
  7. Klik lampirkan file.
  8. Tunggu proses melampirkan file.
  9. Setelah proses selesai maka akan kembali pada tampilan halaman tulis pesan. Perhatikan teks di bawah kotak judul, ini menandakan pesan yang akan kalian kirim terdapat lampiran.
  10. Ketik pesan yang akan kalian sampaikan secara sopan. Kemudian klik tombol kirim.
  11. Masukkan kode verifikasi pengiriman, kemudian klik lanjut.
  12. Setelah pesan dikirim, kalian akan mendapatkan laporan pengiriman.
C.    Percakapan melalui Internet
Selain berkomunikasi melalui e-mail, internet juga menyediakan  layanan komunikasi langsung. Percakapan melalui internet ada yang melalui teks disebut chatting ada pula dengan video disebut video call.
Bentuk percakapan yang sering dilakukan dengan internet adalah chatting. Banyak program chatting yang ditawarkan, seperti mlRC, Yahoo!Massenger, Skype, dsb. Berikut ini adalah cara chatting dengan Yahoo!Massenger (YM) salah satu program chatting yang banyak digunakan.
Syarat melakukan chatting dengan YM adalah memiliki account e-mail yahoo. Untuk memulai chatting langkah-langkahnya adalah  :
  1. Pastikan komputer kalian sudah terinstall aplikasi Yahoo!Massenger. Double klik icon YM.
  2. Masukkan username dan password (dari yahoo ID pada saat membuat e-mail). Hilangkan centang Remember My ID & Password agar data tersebut tidak terekam di komputer.
  3. Jika tidak ada masalah maka akan muncul tampilan berikut.
  4. Sekarang kalian bisa memilih sebuah Room dengan klik Messengger →Yahoo!Chat→ Join a Room.
  5. Pada kotak dialog yang muncul pilih Regional, tunggu hingga pada bagian Category muncul beberapa nama negara.
  6. Pilih Indonesia, kemudian pada bagian Yahoo! Room pilih “Indonesia”.
  7. Pilih (double klik Indonesia 3, tunggu hingga muncul kotak dialog berikut, klik Enter Chat.
  8. Ketik Nomor (kode) yang diberikan oleh Yahoo, kodenya acak. Kemudian Tekan Submit, tunggu beberapa saat hingga selesai verifikasi hingga Anda masuk (aktif) di room Indonesia3 (Anda bisa memilih room lain seperti Jakarta, bandung, Jogjakarta, dll).
  9. Kalian bisa langsung mengetik pada ruang teks jika ingin chat di public room, posisinya di bagian bawah tulisan T (atau di bawah report abuse) setelah kalian mengetik pesan untuk berkenalan atau berbincang dengan teman chat yang ada di public room, tekan tombol send disebelah kanannya untuk mengirim pesan, jika ada balasan anda bisa membalasnya lagi.
  10. Kalian bisa juga chat dalam  mode private message, pada bagian kanan double klik sebuah nama user, misalnya dina_myta, maka akan muncul kotak dialog berikut  :
  11. Kalian sudah siap untuk Chatting di Chat Room. Ketika chatting terkadang ditambahkan ikon-ikon emotion sebagai bentuk ekspresi. Beberapa ikon emotion antara lain.
  12. Untuk mengganti room chat, pada menu bar klik Chat-Changr Chat Room.
  13. Maka akan muncul kotak konfirmasi berikut. Ketik kode yang ada.
  14. Kalian bisa kembali chatting.
  15. Untuk keluar Anda bisa menutup semua kotak pesan kemudian ke menu bar, klik Messenger, klik Sign Out, agar orang lain tidak bisa menggunakan user ID Anda.
Sumber: http://ndankth.wordpress.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jeplak: Bismillah, Mulai Nulis Lagih..

Mengenang masa lalu selalu berujung senyum sendiri. Ya. SENDIRI. Malam ini benar-benar sendiri seperti malam-malam sendiri sebelumnya. (Musik sedih tiba-tiba terdengar). Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi sesaat sebelum tulisan "Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi" dituliskan. Ruang kantor memang sepi tapi tak terasa sepi hingga ditulisnya "Ruang kantor tiba-tiba jadi sepi". Jam segini memang sepi. Hanya orang kurang kerjaan yang masih duduk di sini. Aku salah satunya. Malam ini benar-benar kurang kerjaan. Biasanya memang tak pernah ada kerjaan. Tapi malam ini kekurangkerjaan itu lebih terasa kekurangkerjaannya. Film bajakan di situs tongkrongan tak ada yang menarik jari untuk diklik donlot. Chat di Whatsapp tak ada yang menarik. Tak ada yang ingatkan makan. Lagipula percuma. Aku sudah makan. Ku tengok Facebook, masih begitu saja. Isinya tulisan orang asing yang kuakui teman. Halaman profil iseng kubuka. Dan nostalgia pada tulisan dan gambar lama sedikit memberi seri

Porto Folio: Desain Kaos 2015

Seperti awal tahun sebelumnya, di awal tahun 2016 ini ane mau ngarsipin desain-desain kaos yang ane produksi selama 2015. Baca juga Porto Folio: Desain Kaos 2014 . Berikut kaos-kaos yang ane produksi: 1. Kaos Apel Hedjo (Komunitas Anak) 2. Kaos Gebur 2 (Komunitas)   3. Kaos Oetoen Mart (Toko) 4. Kaos Fullday Pathfinders (Pramuka) 5. Kaos Paksi Janadri (Organisasi)

Tutorial Photoshop: Efek Tulisan di Kaca

Berikut ini merupakan video tutorial photoshop untuk membuat efek tulisan pada kaca berembun. Kunci dari tutorial ini adalah dari jenis font/ huruf yang digunakan. Usahakan menggunakan font jenis handwritting/ tulisan tangan. Sebagai bonus ane kasih gambar yang dipakai dalam tutorial di video tadi.